PIDATO


PENDIDIKAN KEJUJURAN

BISMILLAHI RAHMANI RAHIM
ASSALAMUALAIKUM WR.WB

Yang Terhormat Ibu Pembina Bahasa Indonesia
Serta teman-teman yang berbahagia

Puji syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita masih bisa hadir di tempat yang berbahagia ini. Dan  tidak lupa mengirim salawat dan taslim kepada nabi kita Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zama
n kegelapan ke zaman yang terang benderang. Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan pidato yang berjudul “Pendidikan kejujuran”.

                Dewasa ini pendidikan akhlak menjadi perhatian serius dari pemerintah. Pasalnya, negara kita menduduki peringkat pertama sebagai negara terkorup di dunia. Berdasarkan penelitian ICW (Indonesia Corruption Watch) dan satgas Pemberantasan Mafia Hukum, bahwa hampir di semua daperteman dan instansi pemerintah terindikasi adanya tindak korupsi dan penyahlagunaan wewenang.
Teman-teman sekalian
                Pendidikan kejujuran adalah kebijakan pemerintah dengan memasukkan muatan ahklak dan kepribadian secara terintegrasi ke dalam setiap mata pelajaran. Tujuannya adalah membekali peserta didik dengan pendidikan akhlak agar nantinya dapat menjadi generasi yang cerdas dan berahklak mulia.
                Montesquie, seorang ilmuan perancis abad ke 18 pernah mengatakan : “semakin banyak orang pintar semakin sulit ditemukan orang yang jujur”.
Teman-teman sekalian
                Permasalahannya sekarang adalah apakah pendidikan akhlak yang diterapkan pada setiap jenjang pendidikan ini sudah menjamin akan melahirkan generasi yang jujur ? tentu hal ini masih memerlukan pengkajian yang lebih lanjut. Tapi paling tidak kita harus memikirkan solusinya. Menurut saya pendidikan kejujuran itu dapat berhasil apabila :
1.       Dimulai sejak dini. Pendidikan keluarga sangat menentukan kepribadian anak selanjutnya.
2.        Pendidikan kejujuran berkelanjutan

Bu guru dan teman-teman sekalian
Baiklah, saya rasa cukup sampai disini pidato singkat saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua dan bagi generasi kita kedepannya. dan jika ada kekurangan saya memohon maaf karena di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali Allah SWT. Saya akhiri pidato ini dengan menyerukan motto :
TIADA HARI TANPA KEJUJURAN
Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar